"Call to Action" Efektif untuk Meningkatkan Penjualan Online

22/01/2014 17:59

Agan pasti tahu dong, "call to action" atau CTA yang meminta pengunjung situs web agan untuk melakukan sesuatu sangatlah penting.

Contohnya seperti "klik di sini", "pelajari lebih lanjut", dll.

Iklan tanpa "call to action" akan sia-sia tentunya.

Berikut adalah cara membuat "call to action" yang efektif yang bisa agan gunakan agar meningkatkan penjualan online secara signifikan seperti yang tercantum dalam situs "Business 2 Community":

1. Beri Petunjuk yang Jelas

Jangan hanya menggunakan kata "klik di sini" sebagai perintah karena kurang efektif. Apa yang lebih efektif adalah meyakinkan calon pembeli dengan CTA yang jelas dan menarik meski disajikan dalam beberapa kata saja. Apakah itu meminta mereka untuk berlangganan, membeli sesuatu, mendaftar untuk sebuah event, atau berbagi kepada teman mereka, intinya adalah ringkas dan jelas.

2. Gunakan Kata Kerja untuk Menggambarkan Urgensi

Sebuah CTA yang bagus memiliki unsur berikut:

a) Memperlihatkan pada pengunjung atau calon pembeli tentang apa yang akan mereka dapatkan jika mereka meng-klik tombol, dan
b) Memberi kesan urgen atau mendesak kepada mereka.

Agan bisa menggunakan perintah yang secara jelas menyampaikan tindakan apa yang agan ingin mereka lakukan.

Manakah yang lebih ingin agan klik, "klik di sini" atau "klik di sini sekarang juga!"?

Apakah agan akan lebih yakin mengklik "Download" or atau "Download Sekarang, Gratis!"

Menciptakan kesan urgen dapat membuat pembaca bertindak dengan cepat. Tentu jika tindakan yang diperlukan kurang mendesak, Anda bisa menggunakan CTA yang sesuai dengan desain keseluruhan situs atau e-mail. Contohnya seperti "Pelajari Lebih Lanjut", "Lihat Bagaimana Caranya", dll. Idealnya, gunakan kata kerja pada awal CTA.

3. Menggunakan Warna dan Kontras

Gunakan tombol yang berwarna yang menarik dengan gaya visual yang meyakinkan pembaca atau pengunjung situs untuk mengambil tindakan (contoh, gambar anak panah menekankan agar cepat bertindak). Untuk bisa menarik perhatian, agan bisa menggunakan warna dan kontras di tombol CTA. Pastikan untuk melakukan test mana yang lebih efektif.

Contoh cara meningkatkan penjualan online dengan tombol dengan warna kontras:



4. Tarik Perhatian dengan Ukuran dan White Space

Agan bisa bereksperimen dengan ukuran tombol, seperti memperbesar tombol supaya kelihatan menonjol. Coba juga memperbesar huruf dan menyediakan ruangan putih atau white space yang cukup untuk memberi jarak dengan konten blog atau situs toko online Anda yang lain.

Ruang putih tidak ada hubungannya dengan warna "putih", melainkan istilah untuk ruangan kosong dari sebuah halaman. Whitespace yang bagus bisa membuat koneksi visual antar elemen halaman, dan juga dapat membuat CTA sebagai suatu hal yang penting.

5. Meminimalisasi  Jumlah / Prioritaskan Call to Action Ganda

Ada saatnya ketika CTA ganda diperlukan. Misalnya, jika Anda punya dua CTA bertuliskan "Sign Up Now" dan "Take a Tour" maka Anda bisa fokus pada free trial atau percobaan gratis. Anda juga bisa membiarkan pengunjung memilih sendiri. Anda bisa memperbesar huruf untuk CTA yang lebih penting agar menonjol, menggunakan warna untuk memperjelas tombol yang lebih penting, atau membuat kedua CTA sama tapi menuntun pengunjung ke tombol spesifik menggunakan warna.

Contoh CTA ganda dengan ukuran dan warna yang sama:



Artikel lebih lengkap di sini gan:

http://www.business2community.com/content-marketing/10-tips-for-creating-effective-calls-to-action-0162203